Kawal BUMD dan BLUD Menuju Kinerja Optimal


Sebagai bagian dari tugas dan tanggung jawab BPKP, yang salah satunya mengawasi kinerja BUMD dan BLUD, BPKP melalui Deputi Bidang Akuntan Negara telah melakukan pengumpulan data serta analisis kinerja BUMD dan BLUD dari seluruh Indonesia pada kurun waktu semester I Tahun 2023. Hasil pengawasan tersebut telah memotret berbagai permasalahan dalam pengengelolaan BUMD dan BLUD pada periode pengawasan tersebut.

Pada Rabu (8/11/2023), penyerahan Policy Brief dan Ikhtisar Hasil Pengawasan BUMD dan BLUD Semester I Tahun 2023 disampaikan secara langsung oleh Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh kepada Menteri Dalam Negeri yang pada kesempatan ini diwakili oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah, Agus Fatoni. Turut hadir Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Sally Salamah, Direktur Pengawasan BLU, BLUD, BU Jasa Air, BUMD dan BUM Desa, Indra Khaira Jaya dan Direktur Pengawasan Badan Usaha Konektivitas, Pariwisata, Kawasan Industri dan Perumahan, Aryanto Wibowo.

Sesuai dengan tema Policy Brief dan Ikhtisar Hasil Pengawasan BUMD dan BLUD Semester I Tahun 2023 yaitu "Pemeran Kunci Pertumbuhan dan Pelayanan", BUMD dan BLUD memiliki peran yang krusial dalam pemerataan layanan kepada masyarakat serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di daerah.

Melalui Policy Brief dan Ikhtisar Hasil Pengawasan BUMD dan BLUD Semester I Tahun 2023  tersebut diharapkan mampu memberikan informasi hasil pengawasan yang memadai dan rekomendasi strategis kepada Kementerian Dalam Negeri, sehingga nantinya informasi tersebut dapat menjadi dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan dalam menciptakan BUMD dan BLUD yang dikelola secara profesional dengan memperhatikan praktik tata kelola yang baik, manajemen risiko dan pencegahan fraud.